Lakkang memang selalu saja membuat jiwa
kian sejuk tatkala melihat panorama alamnya. Sebab disana ada eksotisme yang melekat.
sungai yang amat tenang, hamparan sawah dan empang (tambak ikan) yang
begitu rapi, serta derit hutan bambu dan desau daunya yang berirama oleh terpaan angin, kesemuanya
menjelma harmoni dalam kesatuannya. Maka
naturalitas Lakkang adalah bukti bahwa Makassar yang tengah diserang virus
modernitas yang berkepanjangan masih menyimpan daerah yang masih memiliki sisi
ke-alamiah-an. Dari gambaran singkat kondisi Lakkang tersebut, menjadi penjelas
mengapa Tim Sanggar Kelapa memilihnya untuk dijadikan pusat pembelajaran
berbasis alam dan edutaiment.
Diantara sekian banyak hamparan
tempat-tempat eksotis di Lakkang, hutan bambu kini dipilih oleh tim
pembelajaran Sanggar Kelapa untuk dijadikan wadah belajar peserta didik. Dengan
dijadikannya hutan bambu sebagai lokasi pembelajaran, maka peserta didik di
ajak untuk berpetualang menelusuri hutan bambu dalam rangka memecahkan
teka-teki berupa soal mate-matika. Bentuk permainannya yaitu peserta didik
dibagi dalam tiga kelompok. masing-masing kelompok berusaha untuk mencari
gulungan yang bertuliskan soal mate-matika (didalamnya ada soal cerita dan
penjumlahan, perkalian, pembagian, pengurangan dasar).
Dalam proses petualangan, terlihat
mereka sangat antusias dan bersemangat, dua kondisi batin yang selalu megar
tatkala mereka menjalani rutinitas belajar di Sanggar Kelapa. Hal demikian
bukanlah sesuatu yang mustahil terjadi dalam setiap pribadi anak-anak bila
wadah belajarnya menghadirkan kenyamanan, dan media serta pendekatan pembelajarannya
menghadirkan kegembiraan.
Letih dan memuaskan. Perihal itulah yang terpatri pada
diri mereka pasca berpetualang. Namun sebelum bergegas kerumah melepas letih,
tak bosan-bosannya mereka diajak untuk berdoa dan menuliskan segenap
harapannya. Hal demikian pastilah melatih mereka untuk terbiasa memasuki ruang
refleksi. Sebab refleksi membawa pada kondisi evaluasi diri dan mensyukuri
nikmat.
Muhajir
0 komentar:
Posting Komentar