Terkadang anak-anak butuh teman curhat dalam menyampaikan keinginan dan keluh kesahnya. Sebab anak-anak memiliki mimpi-mimpi dan masalahnya sendiri. Maka minggu ini tim pembelajaran sanggar kelapa membuka ruang curhat kepada adik-adiknya agar kelak menjadi bahan evaluasi buat mereka.

            Terasa lucu dan sedih mendengar mereka menyampaikan isi hatinya. Ada yang menyampaikan impiannya, ada yang menyampaikan pengalaman lucunya dan ada juga yang menyampaikan berbagai masalah yang dihadapi. Bukan hanya itu, mereka juga diajak untuk mengungkapkan suka dan dukanya saat menjalani rutinitas belajar di Sanggar Kelapa dan juga keinginannya dalam proses pembelajaran di Sanggar kelapa.
            Anak-anak memang unik. Itulah mengapa dalam mendidik anak-anak, membuka ruang dialog sangat penting. Sebab disitulah kita dapat membaca karakter dan pikirannya. Sedianya hal demikian penting untuk dilakukan oleh para pendidik. Karena kebanyakan pendidik tak mengetahui begitu banyak selu beluk muridnya. Padahal dalam proses pembelajaran, mamahami peserta didik adalah ihwal yang turut menentukan tercapainya tujuan pembelajaran.

Muhajir

                                                                                                                                    10 November 2013

(tanpa dokumentasi)

0 komentar:

Posting Komentar