Tak dapat dipungkiri bahwa ketajaman  mendengarkan, mengingat, mengungkapkan (selanjutnya disebut 3 M) adalah perihal yang mesti dikembangkan pada anak-anak, agar mereka lebih mudah menjalani rutinitas pembelajaran disekolah. Dengan dengan kemampuan 3 M, akan membuat anak-anak semakin cekatan dalam belajar.
Apakah peserta didik Sanggar Kelapa memiliki ketiga kualitas tersebut? Untuk mengetahuinya maka mesti di uji.  Melalui permainan bisik berantai kreatif, maka ketajaman 3 M dari mereka akan dapat diketahui . dari permainan itu pula mereka sekaligus melatih  kemampuan 3 M dalam dirinya masing-masing.
Permainan bisik berantai kreatif sangat sederhana namun mendidik. Setiap peserta dibagi dalam 3 kelompok.  setiap kelompok berusaha menyampaikan pesan sampai ke orang terakhir.  Bilasanya mereka tak terlalu baik dalam mengingat, mendengar dan mengungkapkan, maka pesan akan tidak tersampaikan sampai dengan baik ke tangan terakhir.  Yang menarik dari sini yaitu pesan yang disampaikan berupa pertanyaan. Dan mereka harus menjawab pertanyaan tersebut dengan menyusun puzzle dengan benar. Bila mereka mengetahui jawabannya maka puzzle pasti dapat disusun dengan benar.
Aku pun sempat berfikir apakah  permainan yang terlihat sepele ini pernah terfikirkan oleh para pendidik? Ataukah mereka menganggap hal seperti ini tak memiliki nilai guna? Saya hanya ingin mengatakan bahwa kadang terlihat sepele justru mengandung manfaat yang besar.
Oh iya, minggu ini kami kedatangan tamu yang katanya siap untuk menjadi anggota pengajar Sanggar kelapa. Namanya Kak kasma. Semoga ia terus berpartisipasi dalam setiap kegiatan Sanggar kelapa. terimah kasih atas partisipasinya.

Muhajir

20 oktober 2013

Gambar 1 (membagi kelompok)

Gambar 2 (mulai bermain)

Gambar 3 (menyusun puzzle sederhana)










0 komentar:

Posting Komentar