Tak mudah untuk menjadikan organisasi untuk “eksis” dalam hiruk pikuk realitas. namun MADIPALA bukanlah organisasi yang mudah pincang ditempa situasi karut marut yang kian mengeras. Pada aktivitas pembelajaran sanggar kelapa ia pun ikut berpartisipasi. Petanda, ia masih menghargai kerja sebagai pangkal untuk membangun apa yang bermanfaat untuk manusia. inilah esensinya organisasi; kerja. Dari sini pula MADIPALA dapat dikata sebagai organisasi aktif dalam berkreasi.
    
        Sejatinya MADIPALA adalah organisasi pencinta alam. Ia banyak bergelut dalam permasalahan-permasalahan alam dan lingkungan yang kian hari kian terlupakan. Diamana Alam telah dieksploitasi oleh Kapitalisme. Begitupun dengan kondisi lingkungan yang kian memburuk akibat ulah kapitalisme yang kian brutal. Sungguh di sayangkan bila alam dan lingkungan tak diperhatikan. Dengan keahliannya dalam persoalan tersebut, ia hadir untuk menebar benih-benih kecintaan pada alam dan lingkungan. Anak-anak sejak dini mesti terpatri kecintaan pada alam dan lingkungan dihati mereka.
            Maka, agar anak-anak memiliki kedekatan utuh dengan lingkungannya, mereka diajari oleh kawan-kawan MADIPALA untuk segera berkarya membangun lingkungan sehat dengan menanam pohon di pekarangan rumahnya masing-masing. Inilah perihal yang mulai hilang dalam jiwa generasi muda; berkarya untuk kemanusiaan. Dalam diskusi santai bersama kawan-kawan MADIPALA, Afdal selaku ketua umum mengatakan “sekarang waktunya untuk berkarya karena yang dilihat masyarakat adalah karya”. Hal tersebut dikatakan olehnya pada saat ia prihatin akan kondisi lembaga kemahasiswaan di UNM. Dimana tindakan mereka hanyalah saling menyalahkan satu sama lain namun karya yang dihasilkan minim.
            Berpartisipasinya MADIPALA dalam aktivitas pembelajaran Sanggar Kelapa membawa semangat baru untuk anak-anak. Semangat untuk terus berkarya. Hal ini memanglah penting. Bahwa generasi muda sejak dini mesti diasah potensi kreatifnya agar mereka dapat menjadi “generasi berkarya”.

Muhajir

Di ga’de-ga’de, 19 Mei 2013 
Gambar 1 (Kami bersama Kawan-kawan MADIPALA)

Gambar 2 (Foto bareng anak-anak)



           

0 komentar:

Posting Komentar